Senin, 05 November 2018

Berapa Pengangguran Lulusan SMK

Pengangguran Lulusan SMK dalam periode tahun 2016 sampai dengan 2017 menjadi pengangguran paling tinggi daripada pengangguran yang berijasahkan SD, SMP, Maupun SMA, Diploma, dan Universitas. Padahal sejatinya, lulusan SMK digadang - gadang bisa mendapatkan pekerjaan lebih mudah daripada lulusan SMA.
Pengangguran Lulusan SMK
Pengangguran Lulusan SMK

Hal seperti ini menjadi pekerjaan berat bagi Pemerintah, karena tenaga kerja yang seharusnya dapat disalurkan dengan baik, justru meningkatkan angka pengangguran. fenomena ini semakin menarik jika ditambah dengan kampanye SMK Bisa !. Banyak faktor yang menyebabkan membengkaknya angka penagngguran lulusan SMK. salah satu contoh ekcilnya adalah minimnya lapangan kerja yang memadai dan bisa jadi karena ketatnya persaingan di dunia kerja. Apalagi sekarang dalam beberapa loeongan pekerjaan di ranah industri, pihak Industri tidak mengkhususkan syarat hanya untuk lulusan SMK, namun lulusan Sekolah menengah Atas (SMA) juga memiliki kesempatan yang sama untuk bekerja.

Meningginya angka pengangguran dari lulusan SMK dan SMA menunjukan adanya indikasi bahwasannya penawaran kerja yang tersedia belum mampu untuk menyerap dua kelompok tingkat pendidikan tersebut. Sementara itu, angka pengangguran lulusan SD justru kecil, hal ini dikarenakan angkatan kerja lulusan SD mau untuk bekerja apa saja dan tidak memilih-milih pekerjaan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar