Senin, 05 November 2018

Sinkronisasi Data Penduduk

Informasi terbaru mengenai Data Penduduk, Zudan Arif Fakrulloh Direktur Jenderal Kependudukan dan Catatan Sipil (Dukcapil) Kementerian Dalam Negeri menyebutkan bahawa pihaknya telah bekerja sama dnegan sejumlah pihak sebanyak 1.129 lembaga dengan tujuan untuk sikronisasi atau pemadanan data penduduk Indonesia. Upaya ini tentu diharapkan mampu berperan sebagai langkah awal dalam mengintegrasikan nomor induk kependudukan atau NIK agar bisa menjadi suatu nomor identitas yang tunggal atau single identification number.
Data Penduduk
Data Penduduk

Zudan juga mengatakan bahwa pihaknya ingin mengganti nomor surat izin mengemudi dengan nomor NIK yang sama, selain itu pihaknya juga berharap penggunaan nomor induk mahasiswa bisa sama dengan NIK KTP, dirinya juga menjelaskan saat ini masih dalam proses transisi.

Zudan juga menyebutkan bahwa sinkronisasi ini sangat perlu dilakukan diakrenakan Kementerian dan lembaga - lembaga memiliki datanya masing - masing. pada Bank Indonesia atau BI memiliki data sendiri, Otoritas jasa keuangan juga memiliki datanya sendiri, BPJS Kesehatan punya data sendiri, oleh karenanya pihaknya perlu melakukan upaya pemadanan atau sinkronisasi data terlebih dahulu.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar